Lemon Cupcakes with Lemon Custard Filling

Lemon Cupcakes with Lemon Custard Filling 🍋

Waktu diminta bikin cupcakes sama @ytanyadji saya langsung was-was, mana bisa saya bikin cupcakes cantik, buat pendamping wedding cake lagi! Tapi ternyata saya cuma perlu siapin base cupcakes, custard filling, sama buttercream-nya secara terpisah, nanti doi yang assembly jadi cupcakes cantik. Fiuh, aman! 😂

Makasih ya @ytanyadji untuk kesempatan latihan bikin cupcakes 100 biji dan bisa liat langsung Master Baker-nya @mamatokokue menghias kue (itu hiasan bunga2 daun2-nya handmade lho btw! Wedding cake-nya pun dibuat detail banget!) I really enjoy making those cupcakes 😊😋💕


Diadaptasi dari Martha Stewart's Cupcakes (dimodifikasi supaya hasilnya lebih ringan dan empuk)
Hasil 40-45 mini cupcakes

Bahan cupcakes:
400 g butter suhu ruang (saya ganti sepertiganya dengan minyak sayur)
400 g gula pasir
225 g cream cheese (saya ganti setengahnya dengan plain yogurt)
7 butir telur
2 sdm parutan kulit lemon
30 ml air perasan lemon
500 g terigu
1/2 sdt baking soda
1-1/2 sdt garam

Bahan custard:
3 kuning telur
30 g maizena
100 g gula pasir
240 ml air
1 sdm parutan kulit lemon
60 ml air perasan lemon
25 g butter suhu ruang
1 sdt pasta vanilla
1/4 sdt garam

Topping: gula halus atau buttercream atau whipped cream sesuai selera.

Cara membuat:
Cupcakes: kocok butter, minyak, dan gula hingga ringan dan halus. Masukkan cream cheese dan yogurt, kocok hingga lembut. Masukkan telur satu persatu sambil dikocok rata. Masukkan parutan kulit dan air lemon, kocok rata. Masukkan campuran tepung, baking powder, dan garam secara bertahap sambil diaduk hingga rata. Sendokkan ke dalam papercup setinggi 3/4-nya. Panggang suhu 180 C hingga matang, kurang lebih 25 menit (tes tusuk). Dinginkan.

Custard: kocok perlahan kuning telur hingga rata, sisihkan. Aduk maizena, gula, air, dan parutan kulit lemon di panci, panaskan hingga mulai meletup-letup, mengental dan transparan, angkat. Tuang sebagian ke kuning telur, aduk rata, tuang lagi ke panci, aduk rata. Panaskan lagi hingga meletup-letup, angkat. Masukkan air lemon, butter, vanilla, dan garam, aduk hingga buter leleh dan menyatu. Aduk-aduk selama beberapa waktu hingga uap panas hilang, lalu tuang ke dalam plastik segitiga (agar tidak berkulit). Dinginkan di kulkas.

Penyelesaian: tekan dasar spuit yang lebar ke tengah-tengah cupcakes, putar dan angkat hingga terbentuk lubang. Taburi gula bubuk, lalu isi lubangnya dengan custard. Atau skip gula bubuk, hias cupcakes dengan buttercream atau whipped cream sesuai selera.


Decorated by @ytanyadji, so pretty!

Comments

Popular posts from this blog

perfectly-chocolate cake with strawberries